Menilik Komparasi Otomotifnet, CB150R vs New Vixion Lightning

20130118-komparasi-1Weeeeessss, jian memang membingungkan. Hasil komparasi CB150R vs New Vixion Lightning… Lha kepriwe??? Hasil dyno di 2 tempat berbeda menyatakan kalau power dan torsi Yamaha New Vixion Lightning lebih besar dari si Chibi…

“…dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi tenaga V-Ixion 14,17 dk pada 8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm.”

“Hasil tes akselerasi, StreetFire unggul dari Lightning. Dites pakai Racelogic oleh 1 tester berpostur 173 cm 65 kg di bawah 0-60 km/jam StreetFire hanya butuh 3,8 detik. Sementara Lightning perlu 4,1 detik. Jarak 201 meter CB150R unggul dengan 11 detik, berbanding V-Ixion 11,3 detik. Sementara jarak 402 meter ditempuh oleh CB150R hanya 18,2 detik sedang V-Ixion 18,4 detik.”

Sedang untuk fight akselerasi dan top speed menang si CB150R… Kenapa koq bisa…??? Disini gunung di sana telaga…. Testernya saja binun apalagi kita… :mrgreen: Tapi bukan berarti tidak bisa dikuak kenapa si NVL menang On dyno sedang si Chibi menang On the Road. Ya tho… :D

Yuk, yang pertama adalah spek resmi pabrikan. Apakah bisa dipertanggung jawabkan semua…??? Kalo benar power si CB150R itu 16,3 Hp (bukan 17 Hp) on Crank… memang benar adanya jika si NVL menang di dyno… Trus siapa yang mau membuktikan…??? Uwes sudah – sudah… Hasil dyno sudah menyiratkan power siapa sebenarnya yang lebih besar. Legowo lek… :D

20130118-komparasi-3Yang kedua, Kenapa si Chibi bisa menang saat diadu on street…??? Jawabannya adalaaaah… Itulah yang dijual oleh AHM… Yup, mesin tipe Overbore dengan sistem DOHC. Nggak percaya…??? silakan lihat grafik diatas… mesin tipe Overstroke akan tersiksa bila dipaksa ngitir diputaran tinggi. Sedang saat test… Tidak mungkin juga tho di Running pada Rpm yang sama…??? Tentu sang test rider akan memaksimalkan potensi yang ada pada motor. Sudah pasti akan gantung di Rpm tinggi. Karena disitulah tenaga dari Overbore + DOHC itu meledak – ledak. Nafas yang panjang juga jadi andalan untuk meraih top speed. Wesss…. sudah – sudah… Legowo ae Mas… :D

Last, coba kalo power si CB150R itu 16,3 Hp… tentu kejanggalan ini tidak akan terjadi… wes maklum kalo yang menang NVL On dyno. On street…??? pikir ulang kalo mau tarik – tarikan di Rpm tinggi dengan mesin Overbore apalagi plus DOHC. Overstroke ngeden (tertahan), Overbore malah tambah ngacir… Ora percoyo…??? Legowoooo ae Cak… :D Wes, yang mau beli – beli saja. Tidak usah gontok – gontokan, itu motor sutandar mas Dab lan mbak Yu…. :D Tidak puas… Colek aja mesinnya…. :mrgreen:

About these ads

About Gajah Lampung

Wong ndeso ngrantau nang kutho nyemplak GL max
This entry was posted in honda, yamaha and tagged , , . Bookmark the permalink.

56 Responses to Menilik Komparasi Otomotifnet, CB150R vs New Vixion Lightning

  1. Power nu piksi keliatan waktu memperkecil gap….201m 0,3s 402m 0,2s,, Cuma masih bingung tuh dapat speed darimana selisih waktu bisa dipangkas. akurasi spedo masing motor mungkin garuh

  2. klingon z1 says:

    pernah liat d grup fb cb150r,ada ejekan NVL kenceeng nya d dyno doank :D NVL vs cbsf = NJMX vs cs1 :D

  3. rian says:

    kurva power NVL kog langsung anjlok tuh abis 10rb rpm

  4. duinnn says:

    Yang bingung pegangan, hehe. Motor buat harian ga masalah beda akselerasi sekian detik atau beda power nol koma sekian dk, bukan buat dipake di sirkuit yang beda beberapa detik sangat berpengaruh. Yang penting nyaman (kagak bikin pegel bgt), handling enak, hemat (bbm dan spare part), dan jaringan 3s yang terjamin.

  5. An_Syahri says:

    Ciri khas motor honda mas menurutku tuch…. walaupun di dyno kelihatan inferior tapi aktual lapangan bisa berbeda spt yang dialami temenku sendiri antara NMP vs Old Vixi…..

  6. indonesia says:

    kalo saya lebih prefer ke CB150 aja deh :D

  7. Permana says:

    Yg bikin bingung itu cbsf padahal overbore+dohc yg kuat di rpm tinggi dibanding NVL yg karakternya torsi,tapi kok nyampe 401 meter gapnya bukannya nambah tapi malah berkurang dari 0,3 detik jadi 0,2 detik..

  8. dowey says:

    pengaruh ukuran ban?

    adu kuat gini enaknya maen luar kota, rpm tinggi dalam waktu yg lama… mana yg lebih kuat daya tahannya… trus dibandingin mileage nya juga gimana…

    • berat chibi dan nvl berapa…??? jika chibi pake ban sama, apa lebih berat dari nvl???? jika iya, apa mau Nvl dikasih bandul biar sama beratnya…??? :D

      • ROYD says:

        Ukuran ban bukan masalah beratnya oom… semakin lebar ban semakin besar hambatan karena semakin besar area yang bergesekan dengan aspal hingga otomatis power dan torsi juga ikut terkebiri.

      • yup… semakin besar permukaan semakin besar pula hambatan… itu kenapa nvl ditambah powernya…

  9. RifZ says:

    pengaruh rasio gigi, bayangin CB yang bisa sampe 11500 rpm, tapi top speed hampir sama
    berarti rasio gigi CB jauh lebih ringan dari NVL, apalagi CB ada 6 gigi nya, tambah ringan dan close pula.

  10. legowo lek,hehehehehehe
    wis podho2 berkarat,podho2 banter tur podho2 top
    tapi aku tetep ga beli,wong ga duwe duwit hehehehehehehe :mrgreen:

  11. Asyik kalo ada data pembanding… seru liatnya
    DOHC tuh strategi gertakan yg bagus…
    Keliatan CB langsung menang di sugesti DOHC ama speedo yg berkesan wow deviasi nya…
    Tuh.. tester otomotif ampe perlu membuktikan di dua tempat dyno test buat yakinin CB150 kalah power…
    Malah di ultraspeed mesti test ulang lagi buat yakinin
    —————————-
    gtitwo 4 hari yang lalu
    hello friends…
    hari´╗┐ ini 14 january 2013 akhirnya kita kembali mengumpulkan teman2 untuk mencoba FAIR. alias mengambil data pada:
    1. waktu yang bersamaan selisih mnt
    2. Suhu yang sama.
    3. Kelembapan yang sama.
    4. di rasio puncak yang sama.
    —————————

    Mestinya kalo kritis… dyno dgn variabel terkontrol aja mesti ditest berapa kali buat yakin,,,, Koq yg test akselerasi ama racelogic kaga….padahal variabel lebih banyak….. test nya juga beda hitungan hari lagi….. xixixi

    • masukan buat mr testo ya mbak…. ada alat malah g dimaksimalkan…. :D memang bener koq CB kalah power… lha wong risetnya fight dengan vixie lama… AHM terlalu pede dalam hal menurunkan power dari mesin CBR150R… Yah moga aja ada peningkatan ketika kalah dalam penjualan…. xixixi…

    • 3koplak says:

      bgmana kalo pertanyaan nya gini ;rider otomotif ga becus naik cb150 belum peak power udah shift <<<legowo aja gan ane ngakuin kok di dyno cb150 kalah ,

      ente pda bingung kan power gede tapi kalah di aspal? itu karena ente kurang paham masalah kurva/powerband

      1 lagi di jarak 400m gap semakin dekat ente bingung ?simpel aja jawab nya karena gear 6 cb150 over drive ,ente tau gak overdrive? overdrive itu supaya RPP tidak terbebani alias long rasio dari 5 k 6 jadi butuh waktu untuk mesin menuju limit RPM karena hambatan angin yg besar ,kalo di terusin sampe jarak yg jauh yah ga bakal terkejar juga karena cb150 nya udah dapet TOP RPM

  12. fandiartz says:

    Mas pernah baca komparasi mio vs beat pas tahun 2008 ga? Otomotif dan m+ khan tabloid katak beradik…
    Hasil testnya bisa berlawanan 180 derajat, yang satu bilang beat jago putaran atas, satunya bilang beat jago putaran bawah…
    Sejak itu, i dont trust them…
    Bs…

  13. vixionis says:

    Ujung2nya duit…xixixi

  14. enoe juliarg says:

    ya jelas si chibi lah mas

  15. 3koplak says:

    bgmana kalo pertanyaan nya gini ;rider otomotif ga becus naik cb150 belum peak power udah shift <<<legowo aja gan ane ngakuin kok di dyno cb150 kalah ,

    ente pda bingung kan power gede tapi kalah di aspal? itu karena ente kurang paham masalah kurva/powerband

    1 lagi di jarak 400m gap semakin dekat ente bingung ?simpel aja jawab nya karena gear 6 cb150 over drive ,ente tau gak overdrive? overdrive itu supaya RPP tidak terbebani alias long rasio dari 5 k 6 jadi butuh waktu untuk mesin menuju limit RPM karena hambatan angin yg besar ,kalo di terusin sampe jarak yg jauh yah ga bakal terkejar juga karena cb150 nya udah dapet TOP RPM

    monggo di bantah ……. :P

  16. beo says:

    tergantung siapa yang njongki bro. motor jago tetep jago…kalo yang njongki teler yaa teler. kondisi jalan juga berpengaruh. gunakan akal sehatmu!!!!!!!!

  17. bad.munir says:

    apa ada kemungkinan permukaan yang menempel di alat “dyno”nya berpengaruh mas?
    semakin kecil permukaan singgung akan semakin banyak kerugian pencatatan tenaga karena banyak selip.
    pengujian di dyno apa juga dinaikin ya kayak di jalan ? (maaf mas, gak pernah tahu cara pengetesannya).
    mohon pencerahan dari yang paham.
    atas penjelasannya terima kasih.

    • tes dyno ya motornya diem ditempat… dinaikin diatas alat pengukur yang namanya dyno. intinya roda belakang menggerakkan roller… dimana dari roller tersebut akan diukur seberapa besar torsi dan power dari motor yang dites tersebut…. monggo kalo ada yang mau menambahkan…. :D

  18. jloow8j says:

    lbh milih cb…tp g akan beli…nunggu p200ns ajj yg jls2 ngasepin kakak2 nya di indihe sana…apalagi adik2nya disini….sdh terbukti….

  19. Chan says:

    kalo CB pake velg n ban NVL n NVL pake Velg n ban CB pasti lain cerita, liat aj kelakuan anak2 gaul pake ban n velg kecil biar ngacir, bebek Jupiter Z aj pk ban n Velg kecil bisa ngentutin tiger pake Velg n ban gede yg cc”ny 2X lipat. Tapi Pasti nyaman pake Velg n ban gede kl d pake turing, Jadi CB cocok di daerah yang pendek2, n NVL di daerah yang panjang2, apalagi dijalan kriting, pasti enakan NVL

  20. hendra says:

    gue ykin……..mng cb dri nvl,…..saya sdh mmbktikan scra lgsg……..old vixion kalah dri new mega pro kondisi motor sama baru n standar……pdhl di sfesifikasi,lbh superior old vixion dri new mega pro….n jga cs1 dgn juptr mx…..lbh kencang cs1 itulah yg bkin galau

  21. Pingback: Menilik Komparasi Dynotest ala M+ (cetak) | Overbore

  22. elfan says:

    sekenceng kencengnya CB kalo modelnya masi jelek gitu ya ga mau gua..gua percaya deh kalo lebih kenceng,kliatan dari mesinnya..tapi konsumsi bbm.nya gimana..biasanya iklan honda slalu ada embel” irit..tapi di iklan CB ga ada

  23. andysr says:

    Pada inti yah klo mau ngebut yah CB cos gw dah sering ngentutin OLd vixion or NVL cuam klo nvl mang akselerasi makyus tapi setelah itu DA da da dah…jauh tgh ke atas ma DOHC
    Jadi yah selera aja yg milih mau punya tuh mtr,, utk gw honda is the best dari dulu mpe skg pa lagi honda thai yah

  24. akbar says:

    aslm.tyus gman klu track panjang gan? Krn lg bingung milih yg mana

  25. ruliansyah says:

    kalo mau kencengan2 di jakarta ga ada track panjang :)
    apapupun motornya yg penting PUNYA.
    saya sudah coba ONTRACK dengan orang yang berat badannya sama dengan saya, UKURAN BAN DAN VELG DISAMAKAN, wong Ngacir tuh NVL :)

  26. dudut says:

    udah testing mas bero,,,
    nvl keren pas awal2 tapi pas jarak jauh ketinggalan ama si chibi,,,
    nvl bodinya lebih gede makanya keliatan keren, hehe

  27. deydey says:

    Maaf ya bro, saya masih bingung dengan komentar anda??? Bahwa mesih NVL hy menang di dyno saja. Terdapat perhitungan antara accelerasi dan top speed yang saling berbanding terbalik, dimana parameter utama adalah power. Kalian pernah main game motogp, kalo kita naikin top speed, yang turun adalah accelerasi, itu semua ada rumusnya bro… Dan, motor tipe SOHC tarikan lebih cepet, kenapa? Karena power maksimum bisa diraih pada rpm yang lebih rendah, sedang DOHC membutuhkan rpm yg lebih tinggi. Jadi jangan patokan ke RPM, kesimpulan anda buat saya ketawa ngakak yg buat artikel ini, maaf… lebih baik anda perdalam lagi ya…

  28. senapati says:

    Setau gue.. yang sering tak perhatiin Chibi emang punya keunggulan dibanding nvl, akselerasi chibi gue akui emang lebih cepat dbanding nvl.. termasuk top speed dijalan kgk diragukan lagi, udah gitu gue pernah pake mtr chibi ponakan gue…dipake kecepatan 112 km/jam aja gak goyang alias stabil, gue sendiri lebih ngerokendasiin chibi deh ktimbang nvl, selain itu body chibi lebih keker ktimbang nvl yg rada cungkring. emang dari dulu sih mesin Honda lebih unggul….

  29. boerhan says:

    absolutely for chibi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s